Afifah, Amelia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUSEAN (KUARTET ASEAN) BERBASIS TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI NEGARA-NEGARA ASEAN KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (14kB) |
|
Text
A. ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (145kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari masalah rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran ips yang belom mencapai KKM 70. Subjek penelitian ini adalah kelas VI sekolah dasar. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kartu kusean (kuartet ASEAN) berbasis TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran IPS materi negara – negara asean kelas VI SD Muhammadiyah 6 Palembang yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD), serta menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada penelitian ini, instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli media, materi dan bahasa, serta lembar angket respon perserta didik dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil dari kevalidan yang diperoleh dengan skor rata-rata 88,33% dari para ahli validator dengan kategori “sangat valid”, kepraktisan produk yang dilakukan pada one to one 4 Peserta didik dengan skor rata-rata 85% dan Small Grup 12 Peserta Didik dengan skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat praktis” kemudian dengan hasil uji keefektifan produk yang dilakukan 30 peserta didik kelas VI mendapatkan skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media kuartet berbasis TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran IPS materi negara – negara asean kelas VI sekolah dasar ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan dan dikembangkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas pada peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. Maka dari itu, penelitian kartu kusean layak digunakan dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelas VI di Sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:56 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
View Item |