Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY KONSEP BANGUN RUANG MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 195 PALEMBANG

WIDI, ASTUTI (2023) HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY KONSEP BANGUN RUANG MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 195 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (108kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat alur belajar pada konsep bangun ruang materi kubus dan balok berdasarkan Learning Obstacle. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactial obstacle, dan epistemological obstacle. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriprif dan instrumen berupa tes pada materi kubus dan balok, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis RPP dan wawancara guru. Learning obstacle diperoleh dengan menganalisis learning obstacle yang dialami siswa dilihat dari tes diagnostik learning obstacle, aspek analisis bahan ajar, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 195 Palembang sebagai responden yang mengikuti tes diagnostik learning obstacle dan guru kelas sebagai responden dalam wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan 3 jenis hambatan belajar yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami oleh siswa yaitu kurangnya penguasaan konsep dasar materi kubus dan balok dan kesulitan dalam menyelsaikan soal yang menjadi ontogenic obstacle, didactical obstacle, terkait parangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan epistemological obstacle yakni keterbatasan konteks pemahaman siswa. Berdasarkan temuan learning obstacle, disusun HLT yang mencakup empat tujuan pembelajaran yaitu : 1) menentukan volume kubus dan balok, 2) menganalisis unsur-unsur kubus dan balok, 3) memahami cara menentukan volume kubus dan balok, dan 4) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:40
Last Modified: 07 Oct 2024 02:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item