Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 67 PALEMBANG

SUCI SELLIA, HILMAR (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 67 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (120kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom materi organ pencernaan manusia yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri 67 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Proses analisis validasi ini dilakukan oleh 3 ahli/pakar yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan rata - rata 86,2% dikategorikan sangat valid. Proses analisis kepraktisan dengan mengujicobakan kepada peserta didik pada tahap uji coba kelompok kecil (Small Group) menggunakan 8 peserta didik, setelah diujicobakan mendapat skor rata – rata 72,18% sehingga dikategorikan praktis. Proses analisis keefektifan diujicobakan oleh peserta didik melalui uji kelompok besar (Large Group) yaitu seluruh peserta didik di kelas dengan jumlah 22 orang, setelah diujicobakan mendapat N Gain Score rata - rata 60% dikategorikan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berorientasi flipped classroom dikategorikan sangat valid, praktis dan efektif. Dengan ini E-LKPD interaktif berorientasi flipped classroom dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPatricia HM, LubisNIDN0021087601
ContributorAli, FakhrudinNIDN0226079301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:35
Last Modified: 07 Oct 2024 02:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item