Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TOLERANSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV SD

SITI ASTAFUL, FATIMAH (2023) PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TOLERANSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman merupakan kemampuan memahami suatu informasi yang diberikan kepada siswa berupa materi pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memahami materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang menarik yaitu media kartu kuartet. Kartu kuartet adalah media dalam bentuk permainan meliputi: beberapa jumlah kartu bergambar yang memiliki keterangan mengenai gambar tersebut dengan cara mengelompokkan 4 kartu dengan sub judul berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui keefektifan penggunaan kartu kuartet terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKN kelas IV. Subjek penelitian adalah kelas IV.A dan IV.D di SDN 235 Palembang. Jenis Penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Desain. Hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga didapat hasil perhitungan Independent sampel t-test diperoleh nilai signifikan = 0,00 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBukman, LianNIDN8883120016
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:28
Last Modified: 07 Oct 2024 02:28
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item