Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGGUNAAN FASILITAS PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 90 PALEMBANG

REVI, MARISKA (2024) PENGGUNAAN FASILITAS PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 90 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D.COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
A. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (101kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Pembelajaran yang memberikan keterampilan dalam berbahasa yang baik dan sesuai dengan tujuannya disebut dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 90 Palembang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang masih tergolong rendah. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap penggunaan fasilitas pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 90 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN 90 Palembang yang berjumlah 24 orang siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan fasilitas pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest pada penelitian ini. Rata-rata pretest diperoleh sebesar 50,83 sedangkan rata-rata posttest diperoleh sebesar 94,16. Berdasarkan hasil dan pembahasan analisis uji t pada instrumen soal tes hasil belajar dengan signifikan (2 tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikan 0,05 dikarenakan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t_(hitung ) 9,737 > t_(tabel ) 1,713 maka H_0 ditolak dan H_aditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap penggunaan fasilitas pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 90 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAswadi, JayaNIDN0220128503
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:48
Last Modified: 02 Oct 2024 03:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item