Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS ABAD 21DI SD NEGERI 2 TANJUNG KUKUH OGAN KOMERING ULU TIMUR

Putri Gasa, Nopa (2023) IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS ABAD 21DI SD NEGERI 2 TANJUNG KUKUH OGAN KOMERING ULU TIMUR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (235kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (80kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Media pembelajaran berbasis digital merupakan media yang digunakan untuk membuat media audio visual. Media digital sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada abad 21. Pada abad 21 siswa diharapkan dapat menguasai keterampilan abad 21 dengan konsep 4C berupa komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan penyelesaian masalah, kreatif dan inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui langkah-langkah implementasi media digital dalam pembelajaran IPS abad 21, 2) Implementasi media digital dalam pembelajaran IPS abad 21, dan 3) Melakukan evaluasi implementasi media digital dengan mengggunakan analisis SWOT dalam pembelajaran IPS abad 21. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan hasil analisis data berupa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat dilihat pada analisis SWOT yang menunjukkan bahwa kelebihan implementasi media digital dalam pembelajaran IPS sangat perlu diterapkan pada abad 21 ini. Kelemahan pada penelitian ini dapat dilihat ketika melakukan observasi, sikap siswa dalam pembelajaran IPS pada materi sejarah lokal mengenai pernanan tokoh lokal dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebagian siswa masih banyak yang asik dengan sendirinya sehingga pusat perhatiannya tidak sepenuhnya memperhatikan ke depan. Selain itu, tantangan kepada siswa untuk dapat mengeluarkan pendapat dan menjadi lebih aktif. Peluang pada penelitian ini menunjukkan bahwa media digital efektif digunakan dalam abad 21 ini sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorEndie, RiyokoNIDN0214058902
ContributorKabib, SholehNIDN0221038902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:37
Last Modified: 02 Oct 2024 02:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item