Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIPET PADA MATERI KERANGKA BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SD

NENENG, PUSPITA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIPET PADA MATERI KERANGKA BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar pengesahan.pdf

Download (243kB)
[img] Text
a. Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini yakni Bagaimana validitas, praktikalitas, efektivitas media pembelajaran pipet pada materi kerangka bangun ruang untuk siswa kelas V SD. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas media pembelajaran pipet pada materi kerangka bangun ruang untuk siswa kelas V SD. Metode yang digunakan penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Deveploment). Dalam penelitian ini mengunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development Implementation dan Evaluation. Teknik Pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah tes, dokumentasi, angket (kuisioner). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ii yaitu menggunakan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Pipet pada Materi Kerangka Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V SD adalah valid. Hal ini diperoleh melalui data lembar angket validasi dengan hasil analisis dan nilai rata-rata persentase kevalidan Ahli Media 90%, Ahli Meteri 91% dan respon Guru 94%. 2) Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Pipet pada Materi Kerangka Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V SD adalah praktis. Hal ini diperoleh melalui data angket siswa dengan hasil analisis dan nilai rata-rata persentase kepraktisan One To One 8o% dan Small Grup 88%. 3) Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Pipet pada Materi Kerangka Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V SD adalah Efektif. Hal ini diperoleh melalui data tes dengan hasil analisis dan nilai rata-rata persentase sebesar 85%

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorPutri Dewi, NurhasanaNIDN0204109107
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:04
Last Modified: 02 Oct 2024 02:04
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item