Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nabilah, Sepliana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (118kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Matematika yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media Strip Story terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Exxperimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes berupa soal essai yang berjumlah 4 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent sample t-test. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sampel T-Test menunjukkan suatu perbedaan nilai yang signifikan dari data nilai mean pretest dan posttest. Kemudian, dapat dilihat bahwa p-output nilai signifikan (0.000) lebih rendah dari nilai level signifikan 0.05 (95% taraf kepercayaan), serta pada nilai uji-t (4.061) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 28 =1.701 ). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media Strip Story terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Dengan kata lain, uji hipotesis nol (H0) ditolak, sementara itu hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAllen Marga, RettaNIDN0226038901
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:03
Last Modified: 02 Oct 2024 02:03
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item