Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALSIS PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SDN 3 SUKARAMI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Aisyah, Aisyah (2023) ANALSIS PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SDN 3 SUKARAMI KABUPATEN MUSI BANYUASIN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahann.pdf

Download (389kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (107kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Dengan berkembangnya pendidikan di era digital sangat mungkin bagi siswa bisa mendapatkan ilmu yang berlimpah ruah, cepat serta mudah. Pada proses pembelajaran di mana siswa belum terpacu pada teknologi digital yang terkadang diterapkan oleh guru sehingga penggunaan media digital belum maksimal pada siswa dan guru masih mengandalkan teks atau bacaan pada buku pelajaran yang mana tidak membuat siswa merasakan hal baru atau menarik. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu 1. (menganalisis penggunaan literasi digital di SDN 3 Kabupaten Musi Banyuasin) 2. (mengevaluasi literasi digital dengan menggunakan analisis swot) Metode penelitian berjenis kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan literasi digital sangat tepat jika digunakan dalam proses pembelajaran guru dapat menciptakan suasana baru yang menarik menggunakan media digital. Siswa bisa belajar sambil bermain sehingga siswa tidak membuang waktu hanya dengan main game. Berdasarkan hasil analisis swot bisa disimpulkan kekuatan dalam penggunaan literasi digital ini siswa akan lebih mudah belajar dan mengakses bacaan yang menarik sehingga siswa tidak bosan. Kelebihan dalam penelitian ini siswa mampu berkreasi dengan memanfaatkan media digital misal melakukan kerja sama dengan sesama siswa dalam tugas kelompok kelemahannya kelemahan dalam penggunaan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dalam proses pembelajaran, beberapa siswa masih merasa kurang paham karena bagi mereka akan terasa sulit belajar melalui media digital apa lagi bagi yang belum mempunyai handphone karena terkadang siswa diharuskan juga belajar mandri dirumah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorEndie, RiyokoNIDN0214058902
ContributorKabib, SholehNIDN0221038902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:09
Last Modified: 05 Sep 2024 03:09
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item