Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DIGITAL SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Meilani, Novi (2024) ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DIGITAL SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan Skripsi (1).pdf

Download (124kB)
[img] Text
a. Abstrak bahasa Indonesia (1).docx

Download (15kB)
[img] Text
f. BAB I Latar Belakang (1).pdf

Download (223kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka (5).pdf

Download (148kB)

Abstract

Sumber pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pendidikan, guru sering menghadapi masalah teknis terkait dengan pembuatan video pembelajaran di aplikasi youtube yang berkaitan dengan materi sejarah local pada mata pelajaran sejarah dikelas ini hanya sesekali digunakan. Jika diajarkan pun guru memilih video youtube yang relevan dengan materi sejarah lokal yang akan diajarkan dikelas tersebut. Dengan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang Analisis Penggunaan Sumber Belajar Digital Sejarah Di SMA Negeri 8 Palembang karena selama ini pembelajaran di sekolah biasanya menggunakan sumber konvensional tetapi di SMA Negeri 8 Palembang sudah menggunakan sumber belajar digital. Sehingga Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan sumber belajar digital sejarah serta menganalisis implementasi penggunaan sumber belajar digital sejarah lokal di SMA Negeri 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus tunggal yang diawali dengan observasi lapangan, wawancara, studi dokumen serta angket. Dengan teknik keabsahan data mengunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Serta teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 8 Palembang menggunakan sumber belajar digital sejarah, yaitu aplikasi YouTube, untuk mencari video yang terkait dengan materi pelajaran sejarah, dan siswa dapat melihat dan memilih video mana yang ingin mereka tonton. Siswa dapat menggunakan WhatsApp untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran sejarah dan berbagi link kesiswa. Selain itu, Quizizz memungkinkan siswa menggunakan perangkat elektronik mereka untuk melakukan latihan atau evaluasi pembelajaran. Kata kunci: Sumber Belajar Digital, Pembelajaran Sejarah, Analisis Penggunaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiUNSPECIFIED
ContributorSholeh, KabibUNSPECIFIED
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:34
Last Modified: 04 Sep 2024 06:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item