Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB PELANGI

SURATMI, SURATMI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB PELANGI. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover dan pengesahan suratmi.pdf

Download (189kB)
[img] Text
abstrak bahasa indonesia.docx

Download (30kB)
[img] Text
bab 1 suratmi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung setelah dilakukan melalui pembelajaran berbasis alam anak usia 5-6 tahun di KB Pelangi. Lokasi penelitian dilaksanakan di KB Pelangi alamatnya di Jl. Serda Canis LK. 1 Talang Ilir RT.03 RW.01, Kelurahan Sukamoro, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin. Adapun populasi berjumlah 71 anak dan sampel penelitiannya anak kelompok B khususnya di kelas B2 yang berjumlah 14 anak dimana terdapat 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dengan rentang usia antara 5-6 tahun. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada kemampuan berhitung anak. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis permulaan anak di siklus I memperoleh rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) skor 10 dikategori mulai berkembang. Selanjutnya terlihat di siklus I skor rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) kemampuan berhitung anak memperoleh skor 30,93 dan di prasiklus skornya 20,93 hal ini menunjukkan adanya peningkatan. Sedangkan di siklus II kemampuan berhitung keseluruhan anak sebesar 41,64 dikategori berkembang sangat baik. Sehingga di siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,71. Sehingga disimpulkan pada akhir siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai sesuai kesepakatan peneliti bersama kolabolator. Kata Kunci : Kemampuan berhitung, dan pembelajaran berbasis alam

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAhmad, SyarwaniUNSPECIFIED
ContributorJaya, Melinda Puspita SariUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:05
Last Modified: 26 Aug 2024 02:05
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item