Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PANDAPA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS III SD

Yona, Nurzannah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PANDAPA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS III SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (351kB)
[img] Text
a. ABASTRAK - Indonesia.pdf

Download (101kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Media PANDAPA merupakan media Papan Garuda Pancasila. Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan perlu dilakukan secara efektif agar esensi dan penerapan materi yang disampaikan dapat terlaksana dengan baik Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran PANDAPA pada mata pelajaran PPKN kelas III SD yang valid dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). 1.Analysis ada dua yang pertama yaitu analisis kebutuhan untuk mengetahui permasalahan sehingga pengembangan sesuai dengan kebutuhan siswa dan yang kedua yaitu analisis kurikulum untuk mengetahui kurikulum yang digunakan sekolah dasar tersebut yaitu masih menggunakan kurikulum K13, 2.Design untuk menyusun rancangan awal, menentukan metode, bahan ajar, dan strategi pembelajaran, 3.Development untuk memproduksi bahan ajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar, 4.Implementation untuk melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain pembelajaran, 5.Evaluation untuk melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar Subjek atau siswa yang menjadi acuan dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 05 Palembang dengan jumlah sebanyak 16. Kriteria kualitas media pembelajaran PANDAPA yang bisa dilihat dari hasil validasi ahli materi, media dan Bahasa. Hasil kevalidan media berdasarkan validasi ahli materi sebesar 86% dikategorikan sangat valid, validasi ahli media sebesar 85% dikategorikan sangat valid, validasi ahli Bahasa sebesar 83,5% dikategorikan sangat valid. Lalu penilaian angket dari hasil tes siswa 91,42% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan dari hasil yang telah dipaparkan bahwa media PANDAPA sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBukman, LianNIDN8883120016
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:50
Last Modified: 21 Aug 2024 01:50
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item