Selvia, Karmelita (2024) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (262kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (86kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (282kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Interaksi Sosial Siswa Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 10 Muntok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, adapun dibedakan menjadi dua macam yaitu, Variabel bebas, juga dikenal sebagai variabel independen, merujuk pada suatu faktor yang memiliki potensi untuk mempengaruhi variabel lain dalam suatu penelitian dan Variabel terikat, atau disebut juga variabel dependen. Berdasarkan hasil data angket interaksi sosial diketahui nilai maksimum diperoleh adalah 94 dan minimumnya 66. Berdasarkan data hasil tes bernalar kritis siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah Dari data tabel yang berjumlah 46 siswa, dapat dilihat nilai maksimumnya adalah 100 dan nilai minimumnya 60. Dari hasil analisis normalitas angket interaksi sosial memperoleh nilai signifikansi 0,163 dan pada bernalar kritis adalah 0,065. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan interaksi sosial siswa terhadap kemampuan bernalar kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD yang mana pada pengujian hipotesisnya terdapat hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:17 | |||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |