Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 51 OKU

Rofik, Azhari (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 51 OKU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover + Pengesahan.pdf

Download (505kB)
[img] Text
Abstrak Bahasa indonesia.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (6).pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media video animasi audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 51 Oku dalam pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini menganalisa pengaruh penggunaan media video animasi audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 51 Oku. Rumusan masalah dalama penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan media video audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 51 OKU. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-eksperimental designs dengan metode one group pre-test-post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Oku Sumatera Selatan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis menggunakan uji paired test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video animasi audio visual terhadap kemampuan serta keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 51 OKU. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired-Samples T Test diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,034 < 0,05 dan (2) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media video animasi audio visual dalam pelajaran menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 51 OKU dibanding dengan menggunakan media konvensional melalui cara ceramah dan membaca teks, hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini yaitu dari hasil rata-rata pada posttest lebih besar dari pada pretest (75,20>64,53). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak siswa kelas V SD Negeri 51 OKU, Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorImelda Ratih, AyuNIDN0226097702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:16
Last Modified: 20 Aug 2024 06:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item