Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR

REGITA, ANGGARINI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER, .pdf

Download (190kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (119kB)
[img] Text
e. BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contoh Non Contoh dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 10 Talang Kelapa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian True-Experimental Design berbentuk Posttest-Only Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu model pembelajaran Contoh Non Contoh dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB SD Negeri 10 Talang Kelapa yang berjumlah 60 orang. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Contoh Non Contoh dan 30 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang diajarkan secara konvensional. Dalam pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, tes digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn SD. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan nilai t hitung > t tabel yaitu 8,640 > 1,672 yang berarti menolak Ho dan menerima Ha, sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian terdapat pengaruh Model Pembelajaran Contoh Non Contoh terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PKn di SD Negeri 10 Talang Kelapa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorFarizal, ImansyahNIDN0212028703
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:06
Last Modified: 19 Jul 2024 04:06
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item