Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR

MAYANG CITRA, DEWI (2024) PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER+ LEMBAR PENGESHAN MAYANG.pdf

Download (284kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO MAYANG.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I -M.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA -M.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi antara Guru dan siswa terhadap motivasi belajar pada siswa sekolah dasar Penelitian ini dilakukan di SD N 95 Palembang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan dalam mengenai pengaruh komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa pada sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi Populasi penelitian ini berjumlah 64 orang. Rata-rata presentase komunikasi antara guru dan siswa ialah 82% kategori baik . Sedangkan hasil perhitungan rata-rata presentase motivasi belajar siswa ialah 90% yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa memiliki kategori baik dan untuk mengetahui pengaruh komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa pada sekolah dasar. Berdasarkan analisis uji t yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh sig adalah 0.658. Maka dapat disimpulkan komunikasi antara guru dan siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar adalah (〖0,447)〗^2x 100% = 90%. Nilai menunjukkan bahwa pengaruh komunikasi antara guru dan siswa (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sebesar 90%. Sementara itu 10% sisanya merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diteliti.. Hal ini berarti hipotesis (Ha) menyatakan “ada pengaruh yang signifikan dengan komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 95 Palembang diterima. Dan hipotesis (Ho) tidak ada pengaruh yang signifikan dengan komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi kelas IV di SDN 95 Palembang ditolak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorHermansyah, HermansyahNIDN0207028902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:44
Last Modified: 13 Aug 2024 04:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item