Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN KARTU BUDAYA INDONESIA (KABUSA) PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

INTAN, CAHYATI (2024) PENGEMBANGAN KARTU BUDAYA INDONESIA (KABUSA) PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. cover + PENGESAHAN.pdf

Download (589kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (113kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini siswa masih sulit untuk memahami materi bentuk keragaman budaya di Indonesia serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, maka dalam penelitian ini dilatarbelakangi untuk memperoleh media pembelajaran nyata agar mempermudah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kartu budaya Indonesia (kabusa) yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Model ADDIE ini sangatlah identik dengan pengembangan suatu produk untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu budaya Indonesia (kabusa) yang dikembangkan dalam penelitian ini masuk pada kriteria sangat valid. Terdapat tiga aspek yang dinilai dalam kevalidan ini, yaitu kevalidan media, materi, bahasa. Dari ketiga validasi tersebut diperoleh nilai kevalidan sebesar 81,61% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan uji coba one to one evaluation dari angket respon siswa diperoleh nilai kepraktisan sebesar 90% dengan kriteria “sangat praktis” dan berdasarkan uji coba small group evaluation diperoleh nilai sebesar 87,81% dengan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan uji coba (field test) pre-test dan post-test dari tes soal siswa diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,7755 dengan kriteria “tinggi” dan nilai N-Gain persen sebesar 77,512% yang berarti penggunaan media kartu budaya Indonesia (kabusa) dengan kriteria “efektif” untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki kebaruan (novelty) pada kartu budaya Indonesia (kabusa) yaitu adanya keterangan pada setiap gambar kartu sebagai media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNeta Dian, LestariNIDN0220028701
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:27
Last Modified: 12 Aug 2024 04:27
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item