Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EKSPLORASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA NGANGGUNG BANGKA BELITUNG DALAM KONSEP GEOMETRI SEKOLAH DASAR

ADINI NURUL, FADILAH (2023) EKSPLORASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA NGANGGUNG BANGKA BELITUNG DALAM KONSEP GEOMETRI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (91kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi pendekatan etnomatematika pada budaya Nganggung Bangka Belitung dalam Konsep geometri sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian bersumber dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) obervasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : dalam budaya Nganggung Bangka Belitung terdapat unsur geometri bangun ruang dan saling berhubungan . Hal ini dapat dibuktikan dengan kue-kue yang ada didalam budaya Nganggung memiliki bentuk yang sama dengan bangun ruang. seperti kue black forest yang berbentuk seperti kubus, kue lapis beras yang berbentuk seperti balok, kue putu yang berbentuk sepertu tabung, dan kue klepon berbentuk seperti bola. Dan budaya Nganggung dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika karena dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dan siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Juliansyah, PutraNIDN8855480018
ContributorSunedi, SunediNIDN0203058801
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:44
Last Modified: 19 Jul 2024 03:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item