TITIK, SAIT (2024) ANALISIS KESULITAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 97 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (269kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (63kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Puisi adalah salah satu karya sastra yang penciptaanya menggunakan prinsip pemadata atau pengkonsentrasian bentuk dan makna. Oleh karena itu, kesulitan yang sering muncul dalam menghadapi puisi adalah kesulitan dalam menulis puisi. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri 97 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor menyebabkan kesulitan menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri 97 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesalahan-kesalahan siswa dalam membuat tugas menulis puisi, siswa belum sepenuhnya memahami unsur-unsur yang terdapat dalam puisi, sehingga siswa hanya menulis tanpa memperhatikan aspek yang ada pada puisi dan terdapat 2 faktor yang menyebabkan kesulitan menulis puisi berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: sikap siswa dalam kegitan pembelajaran, minat siswa dalam belajar, motivasi siswa dan kebiasan belajar siswa di rumah. Sedangakan faktor eksternal meliputi: metode guru dalam mengajar dan lingkungan kelurga.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:46 | |||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |