ELVIRA, FATIMAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPI PERGI (PAPAN PINTAR PERUBAHAN ENERGI) PADA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (118kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
11. DAPUS.pdf Download (45kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan Media PAPI PERGI (Papan Pintar Perubahan Energi) pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 34 Palembang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk agar dapat menciptakan media pembelajaran PAPI PERGI (Papan Pintar Perubahan Energi) pada pembelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi di kelas IV SD Negeri 34 Palembang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Penelitian ini menggunakan uji coba one to one yang berjumlah 3 siswa, small group berjumlah 7 siswa dan field test berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Berdasarkan hasil validasi angket dari ketiga validator, yaitu 2 dosen dan 1 guru SD Negeri 34 Palembang untuk memberikan nilai mengenai pengembangan Media PAPI PERGI (Papan Pintar Perubahan Energi) dengan angka presentase mencapai 85,33% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil praktis angket respon siswa pada uji coba one to one terhadap 3 peserta didik mencapai nilai kepraktisan sebesar 96% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan pada uji coba small group terhadap 7 peserta didik nilai kepraktisan sebesar 91.71% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba field test terhadap 18 peserta didik nilai kepraktisan sebesar 93.78% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba field test terhadap 18 peserta didik nilai kepraktisan sebesar 93.78% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil keefektifan hasil tes peserta didik pada uji coba one to one terhadap 3 peserta didik mencapai nilai keefektifan sebesar 85% dengan kriteria efektif, sedangkan pada pada uji coba small group terhadap 7 peserta didik sebesar 82.14% dengan kriteria efektif. Sedangkan pada uji coba field test terhadap 18 peserta didik sebesar 85% dengan kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:15 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |