Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI POLYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR 93 PALEMBANG

Dwi, Syahrani (2024) KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI POLYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR 93 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER DAN PENGESAHAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan berdasarkan teori Polya, mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi siswa dalam memahami materi pecahan berdasarkan teori Polya, dan cara mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan berdasarkan Teori Polya di kelas V SD Negeri 93 Palembang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa/siswi kelas V SD Negeri 93 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan wawancara (hasil belajar siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada indikator memahami masalah ada sebanyak 31 siswa yang mampu memahami masalah, pada indikator menyusun rencana pada 1b ada sebanyak 23 siswa dan untuk indikator menyusun rencana pada 2b ada sebanyak 20 siswa yang mampu menyusun rencana, pada indikator melaksanakan rencana pada 1c diketahui bahwa 21 siswa yang mampu menyelesaikan soal dengan baik dan untuk indikator melaksanakan rencana pada 2c ada 13 siswa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan rencana, pada indikator melaksanakan rencana pada 1d ada sebanyak 22 siswa dan untuk indikator memeriksa kembali pada 2d ada sebanyak 13 siswa serta untuk 1 e sebanyak 24 siswa dan untuk 2e sebanyak 23 siswa saja yang mampu mencapai tahap melakukan pemeriksaan kembali solusi yang dicapai, (2) Faktor kesulitan siswa dalam pembelajaran materi pecahan meliputi faktor internal dan eksternal, (3) Cara mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan yaitu (a) Melakukan pendekatan dengan siswa, (b) Mengulang kembali pembelajaran yang belum dipahami, (c) Mengadakan remedial untuk siswa yang mendapatkan nilai yang rendah, (d) Menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang menarik serta menyenangkan sehingga siswa lebih mudah memahami saat pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorEndie, RiyokoNIDN0214058902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:41
Last Modified: 22 Jul 2024 02:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item