Rizati, Ery (2025) PENGARUH MEDIA KARTU KALIMAT TERHADAP LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
Abstract
Latar belakang masalah yang ada di penelitian ini yaitu masih kurangnya pemahaman dalam membaca karena jarangnya penggunaan media pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kalimat terhadap literasi membaca pemahaman pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 227 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes soal dan dokumentasi. Design yang digunakan dalam penelitian ini ialah Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan teknik sampling total. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan penggunaan media kartu kalimat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas IV. B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa dan jumlah keseluruhan sebanyak 52 siswa. Kelas eksperimen menggunakan media kartu kalimat sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media kartu kalimat atau menggunakan buku Bahasa Indonesia. Adapun rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 85,35 dengan nilai 53% dengan 27 siswa termasuk kategori sangat baik, 43% dengan 12 siswa termasuk kategori baik, 4% dengan 1 siswa termasuk kategori cukup dan tidak ada yang berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Rata-rata posttest kelas kontrol hanya 62,50 dengan nilai 42% dengan 10 siswa termasuk kategori baik, 54% dengan 13% siswa termasuk kategori cukup, 4% dengan 1 siswa termasuk kategori kurang dan tidak ada yang berada pada kategori sangat kurang dan sangat baik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Ha ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media kartu kalimat berpengaruh terhadap literasi membaca pemahaman pada kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 26 | |||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:41 | |||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:41 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |