Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD

FITRIANI, SILVY (2025) PENGARUH MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
Cover silvy.pdf

Download (42kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I silvy.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Mulyaguna. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang terlihat dari kesulitan dalam memahami dan menganalisis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media teka-teki silang dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes esai berbasis indikator berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu pada Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 81,6 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata- rata yaitu 52,6. Dengan demikian nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Penggunaan media teka-teki silang terbukti berpengaruh secara positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, media teka-teki silang dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Kata kunci: Bahasa Indonesia, Berpikir kritis, Teka-teki silang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHETILANIAR, HETILANIARNIDN0213128103
ContributorADRIANUS, DEDYNIDN0227077601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 50
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:53
Last Modified: 28 Aug 2025 02:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item