Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIFITAS GAMES EDUCANDY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 74 PALEMBANG

RIRIN, RIRIN (2024) EFEKTIFITAS GAMES EDUCANDY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 74 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER & PENGESAHAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDO.pdf

Download (119kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas games educandy dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan true- Eksperimental Design , bentuk desain pada penelitian ini adalah pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa instrumen soal pilihan ganda dan dokummentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa media games educandy dinyatakan hasil nilai sign uji normalitas kolmogrov-smirnov 0,526 yaitu artinya data tersebut bersifat normal karena nilai signifikansinya lebih dari 0,05. Maka selanjutnya dilakukan uji homogenitas, dinyatakan bahwa nilai sign terhadap hasil belajar siswa yang didapat yaitu 0,369 artinya data bersifat homogeny yaitu berasal dari varian yang sama karena nilai sign lebih besar dari 0,05. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis yang dinyatakan bahwa hasil perhitungan uji T menunjukkan adanya perbedaan rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan control dengan derajat kebebasan df=(n1 + n2)-2 = 52 pada ᵅ = 0,05 di peroleh ttabel = 1.684 dan pada tabel 4.5 menunjukkan hasil thitung sebesar 2.866 serta nilai sign(2-tailed) sebesar 0,006, dengan demikian hasil uji T menunjukkan thitung >ttabel (2.866 > 1.684) dan nilai sign (2-tailed) 0,006 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan pernyataan “Terdapat keefektifitasan games educandy dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa”.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Taheri, AkbarNIDN0211118802
ContributorArief, KuswidyanarkoNIDN0217039001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:23
Last Modified: 22 Jul 2024 02:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item