Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SD NEGERI 19 PALEMBANG

YUSRINDAH, YUSRINDAH (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SD NEGERI 19 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover yusrinda.pdf

Download (61kB)
[img] Text
abstrak b. indo yusrinda.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1 yusrinda.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA yusrinda.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V di SD Negeri 19 Palembang. Pembelajaran berdiferensiasi proses merupakan pendekatan yang menyesuaikan metode, strategi, dan aktivitas pembelajaran dengan kesiapan, minat, serta gaya belajar peserta didik sesuai prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil observasi, guru sudah mulai memberi perlakuan berbeda dalam kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan siswa, namun masih perlu penguatan pada variasi strategi dan waktu belajar. Hasil angket menunjukkan 74% siswa merasa proses pembelajaran sudah baik, dan 127% merasa sangat baik (akumulasi dari beberapa butir soal dengan skor tinggi). Wawancara menunjukkan siswa merasa terbantu dengan pendekatan proses yang berbeda. Secara umum, proses pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan sudah berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, terutama dalam konsistensi penerapan dan pendalaman strategi yang lebih personal terhadap kebutuhan belajar tiap peserta didik. Penelitian Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi proses di SD Negeri 19 Palembang sudah berjalan dengan baik memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika, namun masih memerlukan pengembangan pada pengelolaan kelas dan pengayaan strategi belajar. Kata kunci:Berdiferensiasi, matematika, bangun ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHERYANTO, AUNSPECIFIED
ContributorSUNEDI, SUNEDIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 148
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:02
Last Modified: 21 Aug 2025 02:02
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item