Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL GAME TERHADP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD

Sari Viranda, Okta (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL GAME TERHADP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRA-Indonesia.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall Game terhadap kemampuan numerasi siswa SD, dengan materi Bangun datar di kelas V SD Negeri 16 Palembang Tahunn Ajaran 2024/2025.. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posstest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Negeri 16 Palembang yang berjumlah 52 siswa. Sample yang digunakan adalah seluruh populasi yang dibagi ke dalam dua kelas pembelajaran yaitu kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall game, sedangkan kelas kontro menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yangdigunakan adalah tes kemampuan numerasi berupa soalessay sejumlah 10 butir soal. Soal yang diuji coba sudah di validitas,reliabilitas,daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test yang sebelumnya sudah melalui uji Prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil menunjukan bahwa rata-rata nilai kemampuan numerasi siswa di kelas eksperimen sebesar 64.81, lebih tinggi di banding kelas kontrol sebesar 56.12. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test dan diperoleh nilai thitung = 1.407 ttabel = 1.705 dengan nilai signifikan 0,05. Adapun nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.036 lebih kecil dari 0.05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall Game terhadap kemampuan numerasi siswa SD. Keywords: Kemampuan Numerasi, Problem Based Learning, Wordwall Game

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaUNSPECIFIED
ContributorGunawan, HendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 10
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:57
Last Modified: 28 Jul 2025 04:57
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item