SEPTIANAWATI, SEPTIANAWATI (2024) POTENSI BUDAYA PALEMBANG DI SEBERANG ULU II SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA KELAS IV SDN 137 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (115kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (66kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya siswa dalam mengetahui potensi-potensi budaya Palembang di seberang Ulu II sehingga diperlukan sumber pembelajaran yang mengandung materi untuk mendukung pengetahuan siswa terhadap potensi-potensi budaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi budaya Palembang di seberang Ulu II untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran keanekaragaman budaya kelas IV SDN 137 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara dan dokumentasi . Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa menggunakan sumber pembelajaran berupa buku ajar dapat memberikan pengetahuan bagi siswa dan siswa juga dapat melestarikannya. Potensi budaya Palembang yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran yaitu rumah adat, makanan khas, alat musik, pakaian tradisonal, kain tradisional, dan senjata tradisiona. Dengan menggunakan buku ajar, gambar dan teks dari berbagai sumber dapat memberikan siswa pengetahuan dan siswa juga dapat melestarikan potensi budaya Palembang di seberang Ulu II sebagai sumber pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:59 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:59 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |