Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa pada Materi "Cinta Indonesiaku" di Kelas V SDN 125 Palembang

Wati, Putri Widya (2025) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa pada Materi "Cinta Indonesiaku" di Kelas V SDN 125 Palembang. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (279kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB. 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa pada materi Cinta Indonesiaku di kelas V SDN 125 Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat membaca disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya kemampuan memahami bacaan serta kebiasaan membaca yang hanya dilakukan saat ada tugas dari guru tanpa adanya dorongan membaca secara mandiri. Sementara itu, faktor eksternal mencakup lingkungan sekolah, fasilitas literasi seperti perpustakaan meliputi rendahnya intensitas peminjaman buku dan mading, serta peran orang tua. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat baca memerlukan sinergi antara sekolah dan keluarga melalui penyediaan fasilitas yang memadai, program literasi yang menarik, serta pembiasaan membaca sejak dini. Kata Kunci: minat membaca, faktor internal, faktor eksternal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMurniviyanty, LizaUNSPECIFIED
ContributorIrawan, David BudiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 12
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:12
Last Modified: 16 Jul 2025 04:12
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item