Febriyana, Lala (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS BIG BOOK DIGITAL UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 28 BANYUASIN I. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PRRI PALEMBANG.
![]() |
Text
cover LALA.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDO LALA.docx Download (40kB) |
![]() |
Text
BAB 1 LALA FEBRIYANA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA LALA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Adapun latar belakang dari penelitian tersebut yaitu siswa sulit memahami materi ketika hanya terfokus pada fasilitator yaitu guru, dan buku panduan siswa kelas II SD Negeri 28 Banyuasin 1, dimana dalam kegiatan pembelajaran ini guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik sulit memahami materi pembelajaran, dan poster atau gambar yang terdapat di dalam kelas hanya beberapa gambar, tidak dimuat secara jelas berdasarkan materi yang disampaikan, sehingga terdapat peserta didik yang belum memahami makna dari materi yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah diteliti oleh peneliti, dalam pembelajaran ini peserta didik membutuhkan media pembelajaran dalam penerapan materi Kemampuan Membaca. Adapun juga tujuan dari pengembangan media pembelajaran berbasis big book digital khususnya kelas II Sekolah Dasar dimana dalam media tersebut memuat materi pembelajaran. Adapun Model dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana terdapat 5 tahapan yaitu Analyze (Anaisis) dimana menganalisis latar belakang, konsep dan juga sumber belajar, Design (Desain/Perencanaan) merupakan tahap merancang produk media pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu tahap pengembangan produk media pembelajaran melalui Validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, Implementation (Penerapan) yakni penerapan media pembelajaran kepada peserta didik dimana juga diterapkan model pengeisian angket soal. Hasil penelitian dari hasil uji validasi ahli materi yaitu 96%, hasil uji validasi ahli Bahasa 81%, dan hasil uji validasi ahli media 96% maka berdasarkan hasil dari uji validasi tersebut layak/valid untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwasanya produk tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Kata kunci : Media Pembelajaran, Big Book, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 15 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:49 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:49 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |