Paramita, Ririn (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 25 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER (2).pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 25 Palembang. jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen Semu (Quasi Experiment Design).Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 25 Palembang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan model PBL dan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis yang telah dilakukan yaitu, nilai signifikan = 0,000 jika dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikan 0,000 < 0,05 dalam hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 38 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:34 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:34 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |