UTAMI, MIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang berpusat pada guru membuat peserta didik tidak terlibat aktif, sehingga membuat mereka merasa bosan, kurang fokus, kehilangan semangat dan minat mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar peserta didik pada pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design melibatkan dua kelas dengan populasi pelitian sebanyak 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil uji Independent Sample T Test menunjukkan sognifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan data menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peserta didik yang belajar dengan model Snowball Throwing menunjukkan peningkatan minat yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 38 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:30 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |