Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PAPAN JURANG (PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PEMULA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT-FATHYYAH PALEMBANG

Parera, Villa (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN JURANG (PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PEMULA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT-FATHYYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER .pdf

Download (139kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (71kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh media papan jurang (papan penjumlahan dan pengurangan) terhadap kemampuan berhitung pemula pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengaruh yang berfokuskan media papan jurang (papan penjumlahan dan pengurangan) dan kemampuan berhitung pemula pada anak usia 5-6 tahun dengan populasi dan sampel yang berjumlah 20 anak. metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian eksperimen kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa media papan jurang (papan penjumlahan dan pengurangan) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung pemula pada anak usia 5-6 tahun di TK IT-Fathiyyah palembang. Kegiatan belajar menggunakan media papan jurang (papan penjumlahan dan pengurangan) dapat meningkatkan kemampuan berhitung pemula pada anak karena dengan media ini anak dapat mengenal konsep bilangan, lambang bilangan, sehinnga dapat merangsang anak dalam proses belajar berhitung pemula. Berdasarkan data posstest diperoleh nilai sebesar 59,5 dan nilai pretest sebesar 34,60. Hal ini menunjukkan bahwa media papan jurang (papan penjumlahan dan pengurangan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung pemula pada anak usia 5-6 tahun di TK IT-Fathiyyah Palembang. Lalu dilakukan pengujian hipotesis dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t test, dapat diketahui bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel dengan nilai thitung -48,472 > ttabel 1,729 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan melihat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posstest dikelompok eksperimen, dapat disimpulka bahwa media papan jurang (papan penjumlahan dan pengurangan) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung pemula pada anak kelompok B3 di TK IT-Fathiyyah palembang Kata Kunci: Pengaruh, Media Papan Jurang, Kemampuan Berhitung Pemula, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorEffendi, DarwinUNSPECIFIED
ContributorFirdayani, TutiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:42
Last Modified: 15 Jul 2025 06:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item