Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PERSEPSI GURU TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 005 PALEMBANG

AZMI, MUHAMMAD RIDHO (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 005 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER RIDHO.pdf

Download (102kB)
[img] Text
A ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (26kB)
[img] Text
F. BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTSAKA.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 005 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa di kelas II A dan 7 siswa di kelas II B yang mengalami kesulitan belajar. Adapun bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa mencakup kesulitan dalam membaca, menulis, dan memahami materi. Faktor penyebab kesulitan belajar tersebut dikategorikan ke dalam faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya minat belajar dan adanya kebutuhan khusus pada beberapa siswa. Sementara itu, faktor eksternal terdiri dari kondisi keluarga, ekonomi, dan lingkungan sekolah. Faktor keluarga menjadi penyebab dominan, terutama pada siswa yang berasal dari keluarga broken home dan kurang mendapat dukungan orang tua. Faktor ekonomi juga memengaruhi melalui keterbatasan fasilitas belajar. Selain itu, kondisi lingkungan sekolah yang sempit dan bising turut menjadi hambatan dalam proses belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, diperlukan perhatian dan strategi khusus dari guru dan pihak sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara holistik. Kata kunci: persepsi guru, kesulitan belajar, Bahasa Indonesia, siswa sekolah dasar, faktor belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDjunaidi, DjunaidiUNSPECIFIED
ContributorAmiruddin, AmiruddinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: User Repo 02
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:06
Last Modified: 15 Jul 2025 02:06
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item