Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SDN 1 GAJAH MATI MUSI BANYUASIN

Liana, Eri (2025) PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SDN 1 GAJAH MATI MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover..pdf

Download (218kB)
[img] Text
abstrak Indonesia.pdf

Download (97kB)
[img] Text
bab 1 eri liana..pdf

Download (206kB)
[img] Text
daftar pustaka eri..pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Gajah Mati Musi Banyuasin pada materi perbandingan dan skala, serta kesulitan mereka dalam memahami dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam pembelajaran matematika. Kondisi ini mengindikasikan perlunya analisis mendalam untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep materi perbandingan dan skala pada siswa kelas V SDN 1 Gajah Mati Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 18 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan berupa tes esai sebanyak 8 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep siswa adalah 63,19, yang termasuk dalam kategori sedang. Sebanyak 22% siswa berada pada kategori tinggi, 39% pada kategori sedang, dan 39% pada kategori rendah. Indikator pemahaman konsep “memberikan contoh dan bukan contoh” memperoleh persentase tertinggi sebesar 73,61%, sedangkan indikator “mengklasifikasikan objek berdasarkan kriteria tertentu” memperoleh persentase terendah sebesar 53,70%. Temuan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan bervariasi agar pemahaman konsep matematika siswa dapat meningkat secara merata. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan peneliti selanjutnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata-kata Kunci : Pemahaman Konsep, Perbandingan, Skala, Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFAHRIZA FUADIAH, NYIAYUNIDN0010097501
ContributorSURMILASARI, NORANIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 20
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:03
Last Modified: 15 Jul 2025 02:03
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item