Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELEJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 DI SD NEGERI 89 PALEMBANG

Julia, Almasari (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELEJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 DI SD NEGERI 89 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (131kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 SD Negeri 89 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 2C dan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat membaca permulaan dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi lemahnya daya ingat siswa, kurangnya motivasi belajar, dan variasi kemampuan daya tangkap siswa. Faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua, minimnya media pembelajaran yang digunakan guru, dan kurangnya fasilitas penunjang seperti pojok baca. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan guru dan orang tua dapat memberikan pendampingan yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLiza, MurniviyantiNIDN0203077301
ContributorDavid, Budi IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 12 Jul 2025 06:29
Last Modified: 12 Jul 2025 06:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item View Item