Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS II SD METHODIST 1 TALANG KELAPA

Artha, Ully (2025) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS II SD METHODIST 1 TALANG KELAPA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran seni tari di kelas II SD. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya penanaman karakter pada anak kelas II dan masi sangat monoton nya penanaman karakter kepada siswa pada saat pembelajaran, karena itu peneliti ingin melihat apakah dengan menggunakan seni tari akan lebih mudah menanamkan pendidikan karakter pada siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 19 siswa dan 1 guru. Instrumen penelitian berupa instrumen Observasi siswa yang terdapat 7 aspek pendidikan karakter dan instrumen wawancara guru terdiri dari 10 soal wawancara terbuka dan instrumen siswa terdiri dari 10 soal wawancara tertutup. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan disetiap pertemuan observasinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seni tari dapat menjadi fokus pendidik dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHera, TrenyUNSPECIFIED
ContributorUtomo, BudiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 24
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:52
Last Modified: 12 Jul 2025 04:52
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item