Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MEDIA KARTU SAMBUNG DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 GAJAH MATI

Octavia, Elsa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MEDIA KARTU SAMBUNG DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 GAJAH MATI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER ELSA OCTAVIA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Abstrak B.Indo Elsa.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I Elsa Octavia.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Elsa Octavia.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di antaranya seperti bahan ajar atau penggunaan media pembelajaran disekolah belum dilakukan secara maksimal. pembelajaran yang lebih cenderung berpusat pada guru yang mengakibatkan kurang nya keaktifan pada siswa serta mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inquiry berbasis media kartu sambung domino pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 01 Gajah Mati. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis, didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry berbasis media kartu sambung domino. Dengan nilai rata-rata siswa posttest kelas control yaitu 61,8 pada posttest. Sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 74,6. Hal ini menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas control setelah diberikan perlakuan. Jadi model pembelajaran inquiry berbasis media kartu sambung domino memiliki hasil yang lebih baik dan bagus untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: model pembelajaran inquiry, kartu sambung domino, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis, Patricia H.MUNSPECIFIED
ContributorRiyanti, HenniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:51
Last Modified: 11 Jul 2025 03:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item