Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN MEDIA WORDWALL BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 60 PALEMBANG

Yurni, Nelly Yurnita (2025) PENERAPAN MEDIA WORDWALL BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 60 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Di era digital saat ini, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah menjadi fundamental. Integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat menjembatani kebutuhan ini khususnya dalam mata pelajaran yang membutuhkan kreatifitas dan pemahaman konteks seperti Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media wordwall berbasis problem solving pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Negeri 60 Palembang. Subject dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 60 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan untuk memeriksa keabsahan data adalah dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan proses pengumpulan data seperti reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan pendapat antara guru kelas IV A, B, dan C mengenai ada pembelajaran yang efektif jika memanfaatkan media wordwall berbasis problem solving mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan hasil wawancara siswa menunjukkan bahwasanya mereka sangat menyukai pembelajaran mengunakan media wordwall, karena menyediakan konten-konten yang menarik, sehingga membuat belajar seperti bermain, tidak membosankan dan mereka lebih termotivasi dan lebih aktif dalam belajar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menunjukkan perubahan yang baik, berhasil dan tentunya bermanfaat. Pemanfaatan media wordwall menunjukan perubahan belajar siswa yang nyata dimana dapat membentuk pengalaman belajar yang aktif dan menyenangkan dan melibatkan seluruh siswa, jadi media wordwall berbasis problem solving dapat dimanfaatkan sebagai sumber media belajar Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Negeri 60 Palembang. Kata Kunci: Media Wordwall, Problem Solving, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAndi, RahmanNIDN8998800020
ContributorEni, HeldayaniNIDN0213068901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:11
Last Modified: 11 Jul 2025 03:11
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item