Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 84 PALEMBANG

Kurnia, Anggi Cahya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 84 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER + PENGESAHAN ANGGI.pdf

Download (573kB)
[img] Text
ABSTRAK B. INDONESIA.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini mencakup rendahnya hasil belajar matematika siswa, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, serta sedikitnya penggunaan metode pembelajaran inovatif oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 84 Palembang, khususnya pada materi piktogram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental) dan kelompok kontrol yang tidak setara. Populasi penelitian terdiri dari 36 siswa kelas IV SDN 84 Palembang, yang dibagi menjadi dua kelas: kelas IVA sebagai kelompok eksperimen (19 siswa) dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol (17 siswa). Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar yang meliputi pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model TPS dan yang diajar dengan metode konvensional, yang terlihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Think Pair Share terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi piktogram. Kata kunci: Think Pair Share, hasil belajar, matematika, piktogram, siswa SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJUNAIDI, ILHAM ARVANUNSPECIFIED
ContributorRATIH AYU, IMELDAUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:32
Last Modified: 03 Jul 2025 07:32
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item