Putri, Barika Adelya (2025) HUBNGAN LINGKUNGAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 05 INDRALAYA UTARA. skripsi thesis, Universias PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover pdf.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
Abstrak Indonesia pdf.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB I pdf.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf Download (322kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak lingkungan kelas pada hasil pembelajaran siswa matematika di SDN 05 Indralaya Utara. Studi ini menyimpang dari asumsi bahwa lingkungan pendidikan pendukung dapat meningkatkan antusiasme dan fokus siswa, yang akan memiliki efek positif pada hasil pembelajaran. Hasil menunjukkan korelasi yang lemah antara kondisi pengajaran dan hasil pembelajaran siswa dengan nilai korelasi (r) 0,306. Angka ini menunjukkan hubungan yang sebenarnya, tetapi diklasifikasikan sebagai rendah. Selain area sekitar kelas, kebiasaan belajar siswa juga telah diidentifikasi sebagai faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran. Studi ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis ke bidang pendidikan dasar, terutama dalam hal hubungan antara lingkungan kelas dan kinerja pembelajaran. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis bagi siswa untuk mempertahankan kondisi kelas yang menguntungkan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti betapa pentingnya menciptakan lingkungan kelas yang mendukung hasil pembelajaran siswa. Kata Kunci : Lingkungan kelas, hasil belajar, matematika.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 01 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:42 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |