Efrianti, Rizki Efrianti (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 231 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 231 Palembang. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru, sehingga membuat pembelajaran terasa monoton dan kurang menarik bagi siswa. Wordwall sebagai aplikasi pembelajaran interaktif diharapkan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) menggunakan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 231 Palembang, dengan sampel kelas III B sebagai kelas kontrol dan III C sebagai kelas eksperimen, berjumlah total 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian divalidasi menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 79,44, sedangkan kelas kontrol adalah 70,38. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis aplikasi Wordwall berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Kata kunci: Bahasa Indonesia, hasil belajar, media pembelajaran interaktif Wordwall.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 40 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:22 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:22 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |