Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS V SD NEGERI 36 PALEMBANG

Heri, Nova Sabriansyah (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS V SD NEGERI 36 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI NOVA SABRIANSYAH.pdf

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAK NOVA SABRIANSYAH.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I NOVA SABRIANSYAH.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Pustaka NOVA SABRIANSYAH.pdf

Download (147kB)

Abstract

Pembelajaran Voli merupakan pembelajaran dalam permainan yang kompleks. Dalam permainan bola voli dibutuhkan koordinasi gerak yang benar- benar bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang ada dalam permainan bola voli. Permasalahan yang muncul terlihat bahwa beberapa siswa menganggap pembelajaran bola voli merupakan pelajaran yang monoton dan membosankan ketika mereka belajar. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V. Tujuan Penelitian ini untuk untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan yang signifikan pada keterampilan passing bawah siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis permainan. Hal ini ditunjukkan dengan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Selain itu, metode ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi. Berdasarkan hasil pretest kelompok kontrol menunjukkan persentase nilai sebanyak 62% dan pretest kelompok eksperimen dengan persentase nilai sebanyak 91%. Hasil posttest kelompok eksperimen menunjukkan persentase nilai sebanyak 93%. Sedangkan posttest kelompok kontrol posttest kelompok kontrol dengan persentase nilai 60%. Dengan itu, penerapan berbasis permainan disarankan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli. Kata Kunci: Bola Voli, Berbasis Permainan, Keterampilan passing bawah

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBambang, HermansahUNSPECIFIED
ContributorHikmah, LestariUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Repo User 133
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:16
Last Modified: 03 Jul 2025 06:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item