Tarigan, Kelvin Paskah Pratma (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBASIS PERMAINAN RANKING 1 TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS V SD NEGERI 148 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
A. ABSTRAK - INDONESIA.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
F. BAB 1.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran teams game tournament berbasis ranking 1 terhadap keaktifan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di ruang kelas yang kecil. Namun, keterbatasan ruang kelas dan rendahnya partisipasi siswa sering menjadi hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 148 Palembang yang belajar dengan kondisi ruang kelas yang sempit dengan jumlah siswa yang terbatas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran teams game tournament berbasis permainan ranking 1 secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa, baik secara individu maupun kelompok. Selain itu, model ini mapu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kompetitif, serta mendorong interaksi positif antara siswa. Kata Kunci: Keaktifan Siswa; Model Pembelajaran Teams Game Tournament; Keberagaman Indonesia; Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 38 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:13 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:13 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |