Safinatunnaja, Safinatunnaja (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 1 DI SDN 10 PAYARAMAN. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.docx Download (23kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar terhadap pemahamn konsep matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I di SDN 10 Payaraman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, dengan desain Post-test Only Control Group Desighn. Tes teridiri dari 10 soal esay 5 soal penjumlahan dan 5 soal pengurangan. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas eskperimen dan 15 siswa kelas control. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran tangga pintar dan siswa yang tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran tangga pintar berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan. Kata kunci : Matematika, Media Tangga Pintar, Pemahaman Konsep , Penjumlahan dan Pengurangan
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Hj. Eliyani M.M | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:24 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |