Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN LITERASI KELAS II SD NEGERI 90 PALEMBANG

ELIANI, REPI (2025) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN LITERASI KELAS II SD NEGERI 90 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d.Cover+Lembar pengesahan.pdf

Download (201kB)
[img] Text
a.Abstrak Indonesia.docx

Download (17kB)
[img] Text
f.Bab I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
k.Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Belajar terhadap kemampuan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 90 Palembang. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan True Exsperimental Design Dengan Tipe Non`equivalent Control Group Design. Sedangkan untuk subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 90 Palembang yang dimana kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa, metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah dan wali kelas 2, angket dilakukan dengan penyebaran berupa soal sebanyak 10 soal pada kelas II dengan jumlah 40 responden, SS. S, TS, STS dan dokumentasi pada saat penyebaran angket, sekolah dan siswa SD Negeri 90 Palembang, untuk mengukur hasil belajar Berdasarkan hasil penyebaran angket di dapatkan hasil nilai minimum 40 dan maksimun adalah 13 dalam perhitungan rata-rata (M) sebesar 26,5, median(me)28, modus(mo)22, standar devisi(sd)8,49 dan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok kelas kontrol nilai pretest sebesar 45,00 dan nilai posttest sebesar 50,35, sedangkan pada kelas eksperimen nilai pretest sebesar 64,00 Nilai posttest sebesar 82,00. Sedangkan hasil analisis statistic uji t diperoleh nilai sebesar 7,152 > 1,683 , jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dari gaya belajar terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran literasi Khususnya dalam materi mengenal perasaan di kelas II SD Negeri 90 Palembang. Kata Kunci : Gaya Belajar, Kemampuan, Literasi, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWARDIAH, DESSYUNSPECIFIED
ContributorPRATAMA, ALDORAUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:23
Last Modified: 03 Jul 2025 01:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item