Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BAYUNG LENCIR

Wulandari, Anggi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BAYUNG LENCIR. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. COVER+ LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-INDONESIA.docx

Download (46kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bayung Lencir. Metode yang digunakan yaitu Eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang terdiri dari kelas X.1 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Maka berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,891 dan nilai ttabel = 1,677 dengan α=0,05 dan df=48 maka 4,891 ≥ 1,677 sehingga thitung ≥ ttabel maka Hα diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bayung Lencir. Kata Kunci : Media Youtube, Pengaruh, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:21
Last Modified: 03 Jul 2025 01:21
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item