RIRIN AMA, SHADELA (2024) PENGEMBANGAN SCRAPBOOK DIGITAL SEBAGAI MEDIA KARYA KREATIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI SATU TITIK KELAS IV SDN 227 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
|
Text
A. ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (365kB) |
|
Text
K. Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) |
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media scrapbook digital guna untuk mengetahui nilai kevalidan dan kepraktisan dari media scrapbook digital yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE yang terdiri dari Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian pada pengembangan scrapbook digital pada materi satu titik dinyatakan valid, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian dari beberapa ahli, yaitu ahli media memperoleh presentase 85%, ahli bahasa memperoleh presentase 92% dan ahli materi memperoleh presentase 94%, sedangkan ahli responden siswa memperoleh presentase 88% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan nilai yang diberikan oleh para validator, maka media scrapbook digital dapat dinyatakan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pengembangan scrapbook digital dapat dilihat dari respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil (small group) yang memperoleh presentase 96,2% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan respon dari peserta didik maka media scrapbook digital dapat dinyatakan praktis.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 08:44 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 08:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/233 |
Actions (login required)
View Item |