SAPUTRA, TIRTA (2025) PENGARUH STRATEGI DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG “WARISAN BUDAYA” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
skripsi tirta selesai-1 (1).pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
skripsi tirta selesai-14 (1).pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
skripsi tirta selesai-17-24-1-7.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
skripsi tirta selesai-74-78.pdf Download (154kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran IPAS, guru di SD Negeri 160 Palembang umumnya menggunakan metode ceramah konvensional yang tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi secara aktif. Pendekatan ini cenderung membosankan dan tidak menarik minat siswa, yang menyebabkan hasil belajar mereka pada materi ini cenderung rendah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 160 Palembang tentang materi “warisan budaya” peneliti menggunakan pembelajaran kreatif, seperti video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi Direct Instruction berbantuan video peembelajaran kreatif dalam pembelajaran IPAS tentang “Warisan Budaya” terhadap hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental). Populasi yang di ambil peneliti seluruh siswa kelas V SD Negeri 160 Palembang, dan sampel yang digunakan oleh peneliti kelas V.A dan V.C. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu teknik normalitas, homogenitas, t-tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan perhitungan diatas, diketahui bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan skor dari aspek penilaian hasil belajar yang berbeda. Nilai rata-rata tes akhir kelompok eksperimen di kelas V.C sebesar 88,24 sedangkan nilai rata-rata tes akhir kelompok kontrol di kelas V.A 49,26, dengan demikian, kelompok eksperimen lebih berhasil dalam peningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPAS materi warisan budaya dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan dengan menggunakan strategi direct instruction terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V, di banding dengan menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Pengaruh Strategi Direct Instruction, Hasil Belajar Siswa, Eksperimen,IPAS, SD Negeri 160 Palembang
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 185 | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:24 | |||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |