Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

RINI, TRIJAYANTI (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (45kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (100kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami mata pelajaran matematika terutama soal yang berkaitan dengan sifat bangun datar yang menyebabkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berkurang sehingga tidak terjadinya komunikasi multiarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk E-LKPD Berbasis PBL Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan suatu produk dan menguji valid, praktis serta efektifitas dari produk tersebut dengan diujicobakan pada siswa kelas IV SD. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah E-LKPD Berbasis PBL. E-LKPD dikembangkan berdasarkan pada tahapan pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD yang dilakukan oleh peneliti telah dikembangkan dengan kategori valid, praktis dan efektif serta sangat layak digunakan, berdasarkan lembar validasi oleh validator atau ahli, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis dari validator 1 sebesar 94,67% sangat valid, validator 2 sebesar 96,67% sangat valid, validator 3 sebesar 93% sangat valid. Angket respon siswa sebesar 93,33% sangat layak serta 96% sangat praktis, dan hasil tes sebesar 70% dengan kategori efektif. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD valid, praktis, efektif serta sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMisdalina, MisdalinaNIDN0031056801
ContributorMelinda Puspita Sari, JayaNIDN0204059301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:43
Last Modified: 19 Jul 2024 08:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item