Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG

FERI, FERI (2025) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
C. COVER+PENGESAHAN.pdf

Download (656kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (11kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kepala sekolah dalam implementasi program penguatan profil pelajar Pancasila, mendeskripsikan dan menganalisis kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam implementasi program penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan data diperoleh melalui metode wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan 1. Kepala Sekolah dalam implementasi program penguatan profil pelajar Pancasila telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yakni 1) fungsi perencanaan melalui perencanaan partisipatif yang melibatkan pihak lain untuk mendukung kegiatan P5, 2) fungsi pengorganisasian dengan mengorganisasikan potensi sumber daya pendidikan yang ada di sekolah, 3) fungsi pelaksanaan/penggerakan dengan melaksanakan kegiatan P5 sesuai dengan alur implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan 4) fungsi pengawasan dengan memberikan pengarahan, pembinaan, dan pendampingan secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan P5. 2. Kendala yang dihadapi kepala sekolah antara lain: 1) faktor sumber daya manusia, 2) faktor konten kegiatan P5, 3) faktor dimensi nilai yang dicapai dalam kegiatan P5, 4) faktor pengaturan pelaksanaan kegiatan P5, 5) faktor kearifan lokal. Sedangkan solusi yang dilakukan anara lain: 1) melakukan kegiatan pra kegiatan P5, 2) melakukan koordinasi dengan komite sekolah agar orang tua bisa memberikan dorong kepada anak-anak nya untuk terlibat aktif dalam kegiatan P5, 3) melakuan refleksi terhadap kegiatan P5, 4) re-internalisasi dan revitalisasi tentang konsep pelaksanaan kegiatan P5, 5) melaksanakan kegiatan P5 yang berbasis keraifan lokal sesai dengan alur kegiatan P5, 6) menentukan dimensi nilai tema dan alokasi waktu yang disesuaikan dengan kegiatan ko kurikuler dan ekstra kurikuler. Kata Kunci : Manajemen, Kepala Sekolah, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKristiawan, MuhammadUNSPECIFIED
ContributorFurkan, NurilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 02 May 2025 03:54
Last Modified: 02 May 2025 03:54
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item